Beli Mobil bekas? Baca Dulu ini, 10 cara mendeteksi apakah mobil pernah terendam banjir.

Beli Mobil bekas? Baca Dulu ini, 10 cara mendeteksi apakah mobil pernah terendam banjir.

Beli Mobil bekas? Baca Dulu ini, 10 cara mendeteksi apakah mobil pernah terendam banjir.

Bagi anda yang hendak membeli mobil bekas, tentu saja mengharapkan mobil yang akan dibeli dalam kondisi terbaik, bukan bekas terendam banjir.    Mobil yang pernah terendam banjir bakal mengalami beberapa masalah terutama di bagian bodi, komponen mesin, kaki-kaki hingga kelistrikannya. Sebagai calon pembeli anda harus teliti dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum memutuskan bertransaksi membeli mobil bekas. Jangan sampai anda terkecoh membeli mobil yang kelihatannya gres namun ternyata pernah terendam banjir.
10 cara mendeteksi apakah mobil pernah terendam banjir.

Bagi anda yang hendak membeli mobil bekas, tentu saja mengharapkan mobil yang akan dibeli dalam kondisi terbaik, bukan bekas terendam banjir.

Mobil yang pernah terendam banjir bakal mengalami beberapa masalah terutama di bagian bodi, komponen mesin, kaki-kaki hingga kelistrikannya. Sebagai calon pembeli anda harus teliti dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum memutuskan bertransaksi membeli mobil bekas. Jangan sampai anda terkecoh membeli mobil yang kelihatannya gres namun ternyata pernah terendam banjir. 
Berikut ini, 10 cara mendeteksi apakah mobil pernah terendam banjir atau tidak. 

1. Cek kondisi interiornya Jangan ragu masuk ke dalam kabin mobkas yang hendak dibeli. Bisa saja interior kabin terlihat bersih tetapi indra penciuman anda mencium aroma kabin yang apek khas jamur, lembab atau aroma lumpur. Jika demikian maka anda patut curiga mobil tersebut pernah terendam banjir. Jika sebaliknya yang tercium aroma wangi yang mencolok, anda juga patut curiga dengan aroma wangi tersebut yang sengaja dibuat untuk menyamarkan bau kabin sebenarnya. Kemudian perhatikan kerak atau lumut pada interior karena walaupun sudah dibersihkan kerak atau lumut interior masih bisa menempel yang dapat mengindikasikan level ketinggian rendaman air banjir. Pemeriksaan yang tak kalah pentingnya adalah pada bagian besi salah satunya rangka jok yang terbuat dari besi. Jika di bagian itu banyak ditemukan karat, maka kemungkinan besar mobil bekas tersebut pernah terendam banjir. 

2. Cek apakah ada karat di kolong mobil, sisi-sisi pintu, bagasi, ban serep dan tiap-tiap sudut kabin Jika mobil pernah terendam banjir, di bagian kolong mobil akan banyak ditemukan karat di komponen-komponennya yang terbuat dari besi seperti di bagian rem area cakram atau tromol. Demikian pula di sisi-sisi pintu, bagasi dan ban serep, jika ditemukan karat atau warna menjadi kusam maka kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir. 

3. Periksa sela-sela karet mobil mencakup karet pintu dan bagasi. Buka sedikit sela-sela karetnya jika ditemukan banyak bercak putih bahkan nyaris merata itu adalah tanda bekas air yang kemungkinan besar akibat terendam banjir. 

4. Gali identitas pemilik sebelumnya dengan memeriksa alamat STNK mobil bekas. Jika alamat yang tertera merupakan daerah rawan banjir maka anda patut curiga mobil pernah terendam banjir. 

5. Cek bagian ruang mesin. Mobil yang pernah terendam banjir, biasanya ruang mesinnya menjadi berwarna belang akibat air banjir. 

6. Cek apakah sistem kelistrikan berfungsi dengan normal. Semua fitur dan perangkat elektronik pada mobil bekas incaran harus diperiksa dengan detail untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Paling gampang, jika mesin menyala maka lampu seharusnya menyala semua. 

7. Cek jalur perkabelan pada mobil. Jika ditemukan tanah merah atau lumpur pada jalur perkabelan maka bisa dipastikan mobil pernah terendam banjir. 

8. Tempelkan beberapa tisu di bagian bawah karpet dasar. Jika tisu menjadi basah maka kemungkinan besar air banjir pernah masuk ke dalam kabin.

 9. Cek oli dan cobalah berkendara dengan mobil itu. Jika mobil pernah terendam banjir, oli akan berubah warna menjadi putih susu. Namun hal ini bisa diakali oleh oknum penjual, namun tetap akan terasa janggal ketika anda melakukan testdrive. 

10. Yang terakhir, jangan tergoda harga murah karena mobil bekas terendam banjir umumnya dijual dengan harga lebih rendah dibandingkan harga pasaran karena memang biaya perbaikan mobil yang pernah terendam banjir juga cukup mahal.

Demikianlah cara mengetahui apakah sebuah mobil pernah terendam banjir atau tidak. Lebih baik teliti sebelum membeli daripada menyesal di kemudian hari. Semoga Bermanfaat..
loading...
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser