Pengertian, Faktor, Jenis dan Contoh Fenomena Sosial

Pengertian, Faktor, Jenis dan Contoh Fenomena Sosial

Fenomena sosial adalah gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi dan diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial dapat dirtikan sebagai gejala sosial. Fenomena sosial dapat terjadi dipengaruhi oleh beberapa bentuk perubahan sosial.


A. Faktor-faktor  Terjadinya Fenomena Sosial

Frenomena Sosial terjadi dikarenakan beberapa faktor, yaitu :

1. Faktor Kultural
Faktor kultural merupakan  faktor yang mengandung nilai yang tumbuh dan berkembang dalam lingkungan masyarakat.

2. Faktor Struktural 
Faktor struktural merupakan faktor yang mempengaruhi struktur masyarakat yang tersusun oleh suatu pola tertentu.



B. Jenis-Jenis Fenomena Sosial

Berikut ini merupakan jenis-jenis fenomena sosial yang ada di dalam kehidupan masyarakat, antara lain sebagai berikut;

1. Fenomena Ekonomi

Fenomena ekonomi terjadi dalam bentuk fenomena kepadatan penduduk, banyaknya beragam jenis pengangguran, dan kemiskinan.

2. Fenomena Budaya

Fenomena dalam definisi budaya merupakan fenomena yang terjadi akibat pertentangan antara dua budaya yang saling bertabrakan.

3. Fenomena lingkungan alam 

Fenomena lingkungan yang berkaitan dengan sosial adalah berupa bencana alam maupun penyakit.

4. Fenomena psikologis 

Fenomena psikologis yang biasa terjadi dalam masyarakat adalah berupa gangguan jiwa sebagai akibat dari kegagalan dari interaksi sosial dalam masyarakat.



C. Contoh Fenomena Sosial

Banyak sekali contoh Fenomena Sosial yang terjadi di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa contoh Fenomena sosial yang terjadi di di masyarakat, yaitu :

1. Mudik

Mudik adalah salah satu fenomena sosial yang hanya dimiliki di negara Indonesia. Fenomena mudik ini terjadi setiap satu tahun sekali saat hari raya Idul Fitri. Mudik merupakan fenomena dimana orang-orang yang merantau di kota akan pulang  ke kampung halamannya untuk bersama-sama merayakan Idul Fitri bersama dengan keluarga.

2. Kriminalitas

Kriminalitas dapat terjadi dimana pun baik di kota besar maupun kecil. Kriminalitas merupakan fenomena sosial yang bersifat negatif dan melanggar norma yang ada. Kriminalitas dapat berupa pencurian, pembunuhan, penculikan dan pemerkosaan.

3. Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk disebabkan oleh kurang terprogramnya laju tumbuh penduduk dan terfokus pada satu wilayah saja. Kepadatan penduduk dapat disebabkan oleh kurangnya pemerataan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga masyarakat berbondong-bondong melakukan urbanisasi ke kota yang lebih berkembang dan penyebabkan permasalahan penduduk di Indonesia.

4. Kenakalan Remaja

Maraknya aksi kenakalan remaja merupakan fenomena yang sering terjadi sekarang ini. Perbuatan remaja yang sering kali melanggar norma yang berlaku dalam masyarakat. Kenakalan remaja dapat berupa tindakan yang menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun masyarakat sekitar. Kenakalan remaja terjadi karena berbagai faktor, antara lain krisis identitas, pengendalian diri yang kurang kuat, kurangnya perhatian keluarga, dan lain-lain. contohya tawuran, geng motor, mabuk-mabukan dan perbuatan negatif lainnya.

5. Kerusuhan massa

Kerusuhan massa merupakan fenomena sosial yang berupa gerakan protes yang dilakukan oleh sekelompok orang di tempat umum. Kerusuhan disebabkan oleh kurang terkontrolnya kondisi dan situasi aksi massa. Akibatnya, aksi yang berawal damai berujung pada kerusuhan yang dapat menyebabkan kerusakan fasilitas bahkan hingga kehilangan nyawa.

6. Aksi Solidaritas

Fenomena sosial aksi solidaritas terjadi karena adanya rasa kepedulian terhadap sesama, dan bersama-sama menyatukan tekad dan kemauan untuk membantu masyarakat yang sedang ditimpa musibah bencana alam.

8. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan suatu perbedaan keadaan ekonomi masyarakat yang ditentukan oleh berkembangnya nilai-nilai sosial baru akan kepemilikan benda-benda yang bernilai ekonomi.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Advertiser